Yuk ketahui pelatihan apa yang diperlukan oleh karyawan?

Mar 6, 2021

Pernahkah kamu mengikuti pelatihan yang dilakukan di tempatmu bekerja? Pelatihan ini bentuk perhatian perusahaan untuk mengembangkan kemampuan kamu loh, dalam undang-undang ketenagakerjaan pun juga sudah di tuliskan bahwa karyawan memiliki hak untuk melakukan pengembangan diri salah satunya mendapatkan pelatihan dari tempat kerja. Dalam dunia kerja ada banyak sekali jenis pelatihan yang bisa kamu ikuti dan tentunya bisa memberikan kamu manfaat. Apa saja sih macam-macam pelatihan yang penting untuk pengembangan karyawan? Berikut ulasan pelatihan yang diperlukan karyawan di dunia kerja

HARD SKILL

Hardskill adalah kemampuan dasar untuk bekerja, hard skill dapat diperoleh dari bangku sekolah, perkuliahan maupun dari pelatihan. hardskill adalah ilmu yang bisa dipelajari, diasah atau dilatih hingga menjadi ahli. Hardskill ini umumnya diukur berdasarkan nilai yang menunjukkan tingkat keahlian misalnya ijazah atau rapot dan sertifikat dari hasil uji kompetensi maupun ujian resmi yang dikeluarkan dari negara namun ini tidak menjadi patokan ya saat di dunia kerja.

Hardskill dalam dunia kerja dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan memberikan solusi atas masalah yang terjadi dengan berbagi cara yang kamu miliki. Hard skill ini contohnya jika kamu adalah digital marketer maka kamu harus menguasai hard skill berupa

  1. Riset keyword
  2. Membuat konten SEO
  3. Menguasai sosial media
  4. Membaca data analisis

Jadi itu adalah hard skill yang menjadi bekalmu untuk menyelesaikan pekerjaan dan bisa berkembang jika terus di latih dan dipelajari.

SOFT SKILL

Berbeda dari hardskill, pelatihan yang sangat dibutuhkan karyawan lainya adalah softskill. Kemampuan hardskill jika tidak diikuti dengan softskill hasilnya tidak seimbang. Misalnya seseorang yang pintar namun tidak bisa bersosial yang baik. Softskill berguna untuk mengembangkan kemampuan diri karyawan selain dari kemampuan akademis. Jika ini bisa dikembangkan dengan baik bersama hard skill, karyawan bisa menjadi SDM berkualitas dan unggul.

Softskill dibagi menjadi dua bagian yaitu intrapersonal skill yag melibatkan kemampuan memotivasi diri dan interpersonal skill atau kemampan bersosial dengan orang lain atau rekan kerja. Beberapa softskill yang diperlukan untuk karyawan adalah

  1. Sosial skill
  2. Time management
  3. Conflict and stress management
  4. Problem solving
  5. Creative thinking
  6. Communication
  7. Team work

Pelatihan softskill dapat membantu karyawan mendapatkan ilmu untuk me-manage dirinya sendiri dan kemampuan untuk menyesuaikan dengan lingkungan kerja. Jika ia bisa menguasai dirinya maka pekerjaan tidak akan terganggu bahkan menjadi booster untuk terus berkembang di dunia kerja.

Di dalam pelatihan hard skill dan soft skill terbagi menjadi beberapa jenis bidang yang berguna untuk pengembangan SDM. Jika perusahaan menginginkan karyawan yang produktif dan mengikuti perkembangan ilmu maka harus melakukan pelatihan baik hard skill maupun softskill sehingga memiliki SDM unggul dan berkualitas.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?